Andiani, Juara III Lomba Olimpiade IPA Sekolah Harapan Mandiri 2016

Perkenalkan nama saya Andiani. Ini adalah pengalaman saya selama mengikuti Olimpiade IPA. Dulu sebelum mengikuti lomba olimpiade ini, saya acuh tak acuh terhadap berbagai pengumuman lomba dan tidak pernah mengetahui apa-apa tentang olimpiade. Akan tetapi, ketika saya memasuki akhir semester I kelas 9, teman-teman saya banyak yang membicarakan mengenai lomba olimpiade. Rasa penasaran saya membuat saya berani untuk mendaftarkan diri mengikuti lomba olimpiade tersebut.

Akhirnya, hari tepat tanggal olimpiade IPA dilaksanakan pun tiba. Saya mengerjakan soal dengan semampuku, tanpa berbekal pengalaman lomba sama sekali atau pengetahuan yang luas seperti umumnya peserta lomba olimpiade. Saya hampir saja kehilangan harapan dan berpikir bahwa saya tidak mungkin lolos. Keesokan harinya, diumumkan peserta yang mendapat juara. Awalnya saya mengira tidak akan mendapatkan juara, tetapi puji Tuhan saya mendapat juara 3. Saya merasa terkejut dan bahagia sekali saat itu.

Kesimpulannya, olimpiade merupakan lomba yang mengasikkan dan dapat diikuti oleh setiap orang. Tips penting yang harus dipersiapkan adalah kepercayaan diri, jangan malu bertanya dan rajin membaca buku yang berisi pengetahuan umum. Yakinlah dengan melaksanakan hal itu, suatu saat nanti kalian akan menjadi orang yang membanggakan orang-orang sekitar kalian. Inilah akhir dari pengalaman saya, sekian dan terima kasih. Sampai jumpa kembali!