Fernando, Peraih Medali Perak Kompetisi Olimpiade Sains 2017

Minggu lalu, saya mendapat informasi dari teman saya bahwa terdapat sebuah perlombaan yang bernama Kompetisi Olimpiade Sains (KOS) yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Nasional). Mengingat bahwa OSK (Olimpiade Sains Kota) akan segera dilaksanakan, saya pun berminat untuk mengikuti lomba ini sebagai persiapan sebelum OSK. Saya mengajak teman saya, Rio Febrian untuk mengikuti kompetisi ini. Beberapa hari kemudian, kami pun mendaftarkan diri sebagai peserta lomba ini. Awalnya, panitia merasa ragu untuk mengizinkan kami mengikuti perlombaan ini, namun akhirnya panitia mengizinkan kami untuk turut memeriahkan perlombaan ini.

Hari perlombaan pun tiba. Awalnya, saya hanya mampu menyelesaikan setengah dari seluruh soal yang diberikan. Pasrah, saya pun mengerjakan setengahnya lagi dengan feeling dan analisa lanjut. Waktu pun berakhir. Saya pun hanya bisa sabar menunggu pengumuman yang akan diumumkan 3 jam lagi.

Saat menunggu pengumuman, kami banyak di-“sepele”-kan oleh beberapa peserta yang melontarkan pertanyaan, “SMP ngerjain soal SMA, emang bisa?” atau “Dek, SMP memangnya sudah belajar pelajaran SMA?”

Saya pun tidak begitu mempermasalahkan pertanyaan mereka dan sesekali tersenyum untuk membalas.

Waktu pengumuman pun tiba. Setelah mendengarkan pengumuman untuk kategori guru dan kata sambutan dari direktur POSI, saya diumumkan mendapatkan perak pertama (juara 6). Banyak peserta yang tidak menyangka bahwa siswa SMP mampu memenangi perlombaan tingkat SMA. Puas dan bahagia! Sedikit pesan bahwa perbedaan usia tidak menjadi penghalang untuk mengapai prestasi, berusahalah!