Guru-guru Bertamasya ke Pantai Bali Lestari

Untuk mengisi hari libur tanggal 14 Oktober 2015 (bertepatan dengan libur Tahun Baru Islam), kepala SMP Wiyata Dharma Medan, Bapak Tony Ria mengajak guru-guru beserta keluarga untuk berwisata ke Pantai Bali Lestari. Kegiatan wisata tersebut disambut antusias oleh Bapak/Ibu guru karena hampir semua guru belum pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut. Hal ini sekaligus mempererat silaturahmi dan melepas kepenatan (refreshing) setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Foto bersama rombongan tamasya guru-guru SMP

Keberangkatan menggunakan bus sekolah dan beberapa guru menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarganya. Kami berkumpul di sekolah dan berangkat sekitar pukul 08.15 WIB. Pantai Bali Lestari terletak di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergei. Lama perjalanan yang ditempuh dari sekolah (Jl. Wahidin No. 31, Medan) ke lokasi wisata lebih kurang 1 jam. Setibanya di lokasi, setiap pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp6.000,00/orang. Sementara itu, Bapak Tony Ria beserta keluarga telah sampai terlebih dahulu untuk memesan pondok (biaya sewa pondok sebesar Rp75.000).

Kami tiba sekitar pukul 09.15 WIB dan suasana di pantai masih sepi. Namun, kami beruntung karena dapat menikmati pantai dengan pasir yang bersih dan air laut belum pasang, sehingga momen ini dimanfaatkan oleh guru-guru untuk berfoto sampai ke batas air yang masih di bawah lutut. Selain pantai yang indah, di sana juga dibangun gapura menyerupai gapura Bali, ada juga batu ukiran batu patung orang Bali yang sedang menari, dan ukiran rumah Bali yang tiap sisinya dihiasi payung dan lampu (suasana budaya Bali terasa di sana). Tempat-tempat itu juga tidak luput sebagai objek untuk berfoto ria para guru. Untuk kebutuhan konsumsi pengunjung, tersedia restoran Bali Lestari yang menawarkan menu makanan pantai, seperti ikan bakar, udang goreng, cumi tumis, dan lain-lain dibalut dengan suasana bernuansa Bali, seperti musik, kursi, meja, hingga dinding.

Guru-guru tampak bahagia dapat melakukan kunjungan bersama ke Panti Bali Lestari

Setelah makan siang, Bapak/Ibu guru berkeliling dengan kapal motor untuk melihat keindahan laut dan pantai. Semakin siang, pengunjung yang mengunjungi pantai semakin ramai dan padat.

Pada pukul 15.00 WIB, kami sepakat untuk pulang karena sudah merasa puas berwisata. Jelas terlihat kebahagiaan para guru karena bisa menikmati wisata pada hari itu. Biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi ditanggung oleh sekolah. Di dalam bus, kami mengobrol dan berharap dapat berwisata lagi di lain waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitar Medan yang belum pernah dikunjungi.

<Dokumentasi kegiatan>
Mira Sari
Tentang Penulis
DRA. MIRA SARI
Guru SMP Wiyata Dharma Medan
T.P. 2015/2016