Hangat Kebersamaan Studi Wisata 2015 – Hari Pertama

Studi wisata merupakan agenda tahunan SMP Wiyata Dharma Medan yang diselenggarakan setiap bulan Desember sebagai rangka pembentukan karakter kemandirian siswa/i SMP, khususnya kelas 9. Tahun ini, SMP Wiyata Dharma Medan menyelenggarakan agenda tahunan tersebut pada tanggal 20 – 22 Desember 2015.

Matahari mulai menampakkan dirinya. Pagi itu pukul 6, siswa-siswa datang berbondong-bondong membawa perlengkapan dan bekal untuk perjalanan tiga hari dua malam. Orang tua tampak sibuk mengantar dan memberikan nasihat kepada anak-anaknya. Setelah semua siswa berkumpul di lapangan Perg. Wiyata Dharma Medan, wakil kepala sekolah bidang pendidikan Drs. J. Lumban Batu mempersilakan kepala sekolah untuk memberikan pengarahan.

Kepala sekolah memberikan pengarahan sebelum melakukan perjalanan

“Anak-anakku, pepatah mengatakan ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’. Untuk itu, patuhilah segala peraturan yang ada di Taman Jubileum agar tidak menimbulkan masalah,” ujar Tony Ria, S.Pd., S.Kom., M.Kom. selaku kepala sekolah.

Siswa-siswi bersiap-siap menaiki bus untuk menempuh perjalanan

Selanjutnya, peserta studi wisata yang terdiri dari 125 siswa, 3 orang tua siswa, dan 25 guru/staf mengucapkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Siswa-siswa bersembahyang di Taman Lumbini

Destinasi pertama adalah Taman Lumbini. Taman yang dikenal sebagai Pagoda Emas ini terletak di Desa Tongkol, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera Utara. Di sana, siswa-siswa mengambil gambar pepohonan sebagai tugas bidang studi Biologi. Siswa-siswa yang beragama Buddha diperbolehkan memasuki ruangan kebaktian untuk berdoa. Sebelum meninggalkan Pagoda Emas, siswa-siswa berkumpul dengan guru-guru untuk mengabadikan momen kebersamaan.

Siswa-siswi menikmati wahana yang menguji nyali di Hillpark

Kemudian, siswa-siswa berangkat ke Taman Jubileum GBKP untuk check-in kamar dan menuju ke kantin untuk makan siang. Siswa-siswa dituntun untuk berdoa sebelum makan. Setelah makan siang, siswa-siswa diarahkan ke Hillpark untuk bermain wahana yang tersedia. Siswa-siswa menguji nyali mereka dengan bermain permainan ekstrem seperti Roller Coaster, Kora-kora, dll. Setelah bermain seharian, siswa-siswa kembali ke Taman Jubileum untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk makan malam.

Penampilan nyanyian Mandarin dari siswa-siswi

Malam pun tiba. Udara mulai terasa dingin. Namun, suasana tetap terasa hangat berkat senyum dan tawa keceriaan siswa-siswa yang tidak sabar melihat penampilan teman-teman mereka. Setelah makan malam di kantin, siswa-siswa menuju ke Aula Taman Jubileum untuk mengikuti rangkaian acara sebagai berikut:

  • acara pertama adalah pembacaan puisi bahasa Indonesia yang dipandu oleh Susan Christanti Tambunan, S.Pd.
  • acara kedua adalah bernyanyi dalam bahasa Mandarin yang dipandu oleh Analis Saragih, S.Pd.
  • acara ketiga adalah tantangan menyusun kreatif dengan pipet sebagai tugas bidang studi Keterampilan yang dipandu oleh Dra. E. Sari Dewi.

Jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB, kegiatan hari pertama pun berakhir. Setelah berdoa bersama, siswa-siswa kembali ke kamar untuk beristirahat. Selamat malam, nantikan keseruan lainnya di hari kedua!

<Dokumentasi kegiatan>