Harian Analisa | Minggu, 28 Februari 2016 | Hlm. 24: “Sulaiman dan Reynard Juara Pertama Lomba Terampil Matematika se Kota Medan”

Lomba Terampil Matematika se Kota Medan

Medan, (Analisa). Sulaiman siswa SMP Dr Wahidin Sudiro Husodo dan Reynard Felim siswa SD Prime One School berhasil mengukuhkan diri meraih juara pertama pada Lomba Terampil Matematika tingkat SD dan SMP se Kota Medan yang diselenggarakan di Perguruan Wiyata Dharma, Sabtu (27/2).

Sementara Fevin siswa SMP Kalam Kudus, Billy Julius siswa SMP Methodist 2, Raffles Thiery siswa SD Methodist 2 dan Dhadin Fawwaz Ikramullah masing-masing menempati juara II dan III dalam lomba yang diikuti 214 peserta baik SD maupun SMP.

Ketua Panitia Drs J Lumbanbatu mengungkapkan tujuan diselenggarakan lomba terampil matematika itu tidak lain untuk meningkatkan minat dan keinginan siswa dalam mempelajari matematika yang di sebagian orang merupakan mata pelajaran yang rumit dan patut dihindari.

Melalui lomba yang merupakan agenda tahunan Perguruan Wiyata Dharma yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan tahun ini merupakan tahun ketiga, untuk mengembangkan bakat dan kemampuan para siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika.

“Yang paling utama, untuk mempererat kerjasama di antara siswa dari berbagai sekolah se Kota Medan yang ambil bagian dalam lomba ini,” jelasnya seraya menambahkan dalam lomba tersebut, para siswa diberikan 50 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMP Tony Ria SPd MKom saat membuka kegiatan itu mengungkapkan di hadapan 145 peserta SMP dan 69 peserta SD, agar memanfaatkan lomba tersebut untuk mengasah kemampuan dan keterampilan para siswa dalam mengefisiensi penyelesaian soal yang diberikan. “Matematika itu tidak perlu ditakuti, tapi bagaimana kita bisa santai untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan,” katanya.

Dalam lomba tersebut, pemenang pertama masing-masing berhak atas uang tunai Rp2 juta, flashdisc, tropi dan piagam. Sementara untuk juara II dan III berhak atas uang tunai sebesar Rp1 juta dan 500 ribu rupiah berikut flashdisc, tropi dan piagam. (mc)

Artikel: http://harian.analisadaily.com/kota/news/sulaiman-dan-reynard-juara-pertama/217693/2016/02/28
ePaper: http://harian.analisadaily.com/epaper/read/2016-02-28