Lintas Alam Kelas VII T.P. 2015/2016

Akhir pekan ini, SMP Wiyata Dharma Medan khususnya siswa kelas VII mengadakan kegiatan lintas alam (cross country). Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 13 Maret 2016 bertempat di Taman Jubileum, Desa Suka Makmur, Sibolangit, Deli Serdang.

Kepala sekolah memberikan pengarahan sebelum berangkat

Tiba di lokasi pukul 9.30, peserta diberikan pengarahan oleh tim keamanan lintas alam dan dibekali air minum.

Pembekalan pengetahuan dan air minum oleh tim keamanan lintas alam

“Jika kalian kesulitan menemukan keberadaan teman kalian, carilah petunjuk berupa pita berwarna biru,” kata salah satu anggota tim keamanan memberikan pengarahan kepada siswa.

Lalu, peserta dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing didampingi oleh satu guru pendamping dan satu tim keamanan. Lintas alam secara resmi dimulai dengan adanya aba-aba dari ketua panitia kegiatan, Drs. J. Lumban Batu.

Pukul 10.30, setiap kelompok mulai melaksanakan kegiatan lintas alam. Memasuki hutan, banyak tantangan baru yang dihadapi oleh peserta, khususnya siswa-siswa. Untuk kebanyakan siswa, ini merupakan pengalaman pertamanya berinteraksi secara langsung dengan alam terbuka. Ada sungai dan dataran terjal yang harus dilalui sebelum sampai ke tujuan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi siswa-siswa. Dengan adanya kegiatan ini, siswa dilatih untuk selalu bekerja sama dalam kelompok, menjaga kebersamaan, memupuk persaudaraan, dan belajar mandiri,” kata salah satu guru pendamping.

Tim keamanan lintas alam yang mengiringi perjalanan pun menyatakan bahwa rute yang dipilih adalah rute yang sudah didesain khusus dengan kesulitan sedang agar siswa tidak “terkejut” dengan suasana hutan dan belajar untuk lebih dekat dengan alam.

Foto bersama salah satu kelompok usai melaksanakan lintas alam

Tepat waktu makan siang, semua kelompok telah berkumpul dan bersiap-siap untuk makan. Setelah berdoa, semua peserta menyantap makanan yang telah disediakan. Sambil meredakan rasa lelah, siswa-siswa pun menceritakan pengalamannya kepada teman lainnya. Canda dan tawa pun mengiringi waktu istirahat mereka.

Pada pukul 2 siang, ketua panitia menginstruksikan setiap peserta memasuki bus untuk menempuh perjalanan pulang. Rombongan yang menghabiskan waktu 2 jam perjalanan pulang tiba dengan selamat di sekolah. Selamat beristirahat dan selamat berakhir pekan!

<Dokumentasi kegiatan>