Percobaan Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT)

Memasuki era globalisasi, teknologi berkembang pesat pada segala aspek kehidupan. Teknologi pun memberikan dampak positif terhadap pendidikan Indonesia. Salah satu dampak yang diberikan berupa masa transisi sistem ujian dari sistem ujian tradisional ke sistem tes terkomputerisasi atau yang dikenal dengan Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT). Sistem ini pertama kali diperkenalkan melalui Ujian Nasional pada tahun 2015.

SMP Wiyata Dharma Medan sebagai salah satu instansi pendidikan pun menyelenggarakan percobaan sistem ujian tersebut. Siswa-siswa kelas 7 Jeruk tahun pelajaran 2016/2017 berkesempatan untuk mengikuti percobaan sistem ujian berbasis komputer pada mata pelajaran Matematika.

Setelah guru bidang studi, Bapak Tony Ria, S.Pd., S.Kom., M.Kom. memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang akan digunakan dan peraturan yang harus ditaati selama proses pengerjaan, siswa-siswa yang dibagi menjadi dua gelombang mengerjakan 25 butir soal yang ditampilkan di depan layar selama 40 menit.

Soal-soal yang ditampilkan oleh aplikasi disajikan secara acak untuk setiap siswa

Mengenai soal yang ditampilkan, aplikasi telah dirancang untuk menyajikan soal-soal acak yang diatur secara otomatis sehingga menekan kemungkinan kecurangan selama pengerjaan soal.

“Aplikasi dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada kecurangan yang mungkin terjadi. Soal diacak secara otomatis dan siswa tidak dapat mengulang pengerjaan karena telah diberikan one time password. Setelah selesai mengerjakan, akan muncul nilai dan keterangan kelulusan siswa tersebut,” jelas Bapak Tony Ria, S.Pd., S.Kom., M.Kom.

Siswa-siswa tampak serius mengerjakan setiap butir soal yang disajikan. Guru pun menyediakan kertas hitungan dan alat tulis untuk membantu proses pengerjaan soal yang ada.

“Soal-soal berdasarkan materi yang telah dipelajari selama ini. Namun, siswa-siswa harus mengerjakan setiap soal dengan teliti karena tingkat kesulitannya beragam,” ujar guru yang memiliki ide untuk melakukan percobaan sistem ujian berbasis komputer ini.

Siswa-siswa tampak serius mengerjakan soal-soal yang disajikan di depan layar

Setelah mengikuti proses pengerjaan soal, siswa-siswa memperoleh hasil yang beragam, ada yang dinyatakan lulus dengan nilai yang memuaskan dan ada juga yang dinyatakan gagal.

Dengan adanya sistem ini, SMP Wiyata Dharma Medan mengharapkan bahwa siswa-siswa dapat mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dalam proses pembelajaran.

  • Billie Millenier

    bagus good…..

  • Billie Millenier

    i love Wiyataa……….