Pergantian Kepengurusan OSIS T.P. 2014/2015 ke T.P. 2015/2016

Bulan Oktober merupakan lembaran baru bagi OSIS SMP Wiyata Dharma Medan. Seluruh pengurus dan anggota OSIS T.P. 2014/2015 yang telah mengabdikan diri untuk organisasi ini harus membimbing dan menyerahkan jabatannya kepada adik kelas. Tujuannya agar adik kelas dapat mendapat pengalaman dan pengetahuan berorganisasi selama mengecap pendidikan menengah pertama.

Sebelum terpilih menjadi pengurus OSIS T.P. 2015/2016, siswa-siswi yang ingin memberikan ulur tangannya di organisasi ini harus melewati tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Pencalonan diri
    Calon ketua OSIS mengisi formulir pendaftaran
    Pengurus OSIS T.P. 2014/2015 memasuki ruangan tiap kelas untuk memperkenalkan OSIS secara singkat, memberikan gambaran peran OSIS sebagai koridor pembantu perkembangan sekolah, dan memberitahukan sikap seorang pemimpin/panutan dalam berorganisasi. Setelah itu, pengurus OSIS T.P. 2014/2015 menjelaskan bahwa siswa-siswi dapat mencalonkan diri menjadi pengurus OSIS T.P. 2015/2016 dengan melakukan registrasi di kantor OSIS.
  2. Wawancara Tahap I
    Wawancara tahap I dikhususkan untuk siswa-siswi yang mencalonkan diri sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS. Wawancara tahap I dilakukan oleh ketua dan wakil ketua OSIS T.P. 2014/2015 didampingi oleh pembina OSIS SMP Wiyata Dharma Medan, Drs. J. Lumban Batu.
  3. Kampanye/Pengenalan diri
    Setelah lulus dari wawancara tahap I, calon ketua dan wakil ketua OSIS diperbolehkan melakukan kampanye/memperkenalkan diri kepada siswa-siswi SMP Wiyata Dharma Medan. Calon ketua dan wakil ketua OSIS secara bergantian memasuki ruangan kelas dan menyampaikan arah perkembangan OSIS yang akan mereka bawa apabila mereka terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.
  4. Pemilihan Ketua/Wakil Ketua OSIS
    Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS
    Setelah mengetahui paparan visi dan misi dari calon ketua dan wakil ketua OSIS, siswa-siswi diberikan hak suara untuk melakukan pemilihan yang dilakukan dengan sistem berbasis komputer (computer based system). Siswa-siswi dapat melakukan login menggunakan nomor telepon dan PIN yang telah mereka peroleh sebelumnya. Setelah login, siswa-siswi dapat memilih calon ketua dan wakil ketua OSIS sesuai hati nurani mereka.
  5. Wawancara Tahap II
    Wawancara calon pengurus OSIS
    Bersamaan dengan dilaksanakannya pemilihan ketua/wakil ketua OSIS, ketua dan wakil ketua OSIS T.P. 2014/2015 melakukan wawancara tahap II untuk menyeleksi calon pengurus OSIS T.P. 2015/2016. Siswa-siswi yang mencalonkan diri sebagai sekretaris, bendahara, dan koordinator tiap divisi akan diberikan beberapa pertanyaan singkat untuk mengetahui potensi dan kesiapan mereka menempatkan diri sebagai pengurus OSIS.
  6. Pengumuman Ketua/Wakil Ketua OSIS
    Ketua dan wakil ketua OSIS T.P. 2014/2015 mengumpulkan seluruh calon ketua dan wakil ketua OSIS serta memberikan pengumuman pemenang pemilihan ketua/wakil ketua OSIS. Kemudian, ketua dan wakil ketua OSIS diberikan waktu untuk melakukan diskusi pemilihan sekretaris, bendahara, dan koordinator tiap divisi.
  7. Penyerahan Tongkat Kepemimpinan
    Penyerahan tongkat kepemimpinan dari pengurus lama kepada pengurus baru
    Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pada saat upacara bendera, pembina OSIS mengumumkan ketua dan wakil ketua OSIS T.P. 2015/2016 dan dilakukan penyerahan tongkat kepemimpinan dari pengurus OSIS T.P. 2014/2015 diwakili oleh ketua OSIS, Henly Forbesly kepada pengurus OSIS T.P. 2015/2016 diwakili oleh ketua OSIS, Crystallyn Lius.

Dengan demikian OSIS SMP Wiyata Dharma Medan T.P. 2015/2016 telah resmi dibentuk. Saat ini, arah perkembangan OSIS telah dipindahtangankan kepada pengurus OSIS T.P. 2015/2016. Harapan kita, di bawah kepemimpinan Crystallyn Lius, Dicky Fernaldy dan Surya Intan, OSIS SMP Wiyata Dharma Medan dapat membawa nama SMP Wiyata Dharma Medan semakin harum di dunia pendidikan Indonesia.