Program Perlindungan Mata Anak: “Mataku Jendelaku”

Hari Selasa, tanggal 28 Februari 2017, sekolah Wiyata Dharma Medan berpartisipasi dalam Program Perlindungan Mata Anak yang diselenggarakan oleh Lions Club International District 207 A2 Indonesia. Turut menggandeng Indomaret Peduli Berbagi yang merupakan persembahan pelanggan Indomaret, program ini menyediakan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis dengan tajuk “Mataku Jendelaku”.

Program perlindungan mata anak ditujukan untuk siswa dan guru

Program ini diselenggarakan untuk seluruh tingkatan sekolah Wiyata Dharma Medan. Pemeriksaan dimulai dari tingkatan SMA, kemudian tingkatan SMP dan SD. Selama proses pemeriksaan, siswa-siswi dipandu memasuki ruangan yang telah ditata khusus untuk memeriksa mata. Beberapa alat yang diperlukan pun disiapkan dan diatur jaraknya sedemikian rupa dari tempat duduk siswa-siswi yang akan diperiksa. Pemeriksaan mata pun dilakukan oleh siswa-siswi satu per satu secara bergantian oleh anggota Lions Club.

Pengarahan oleh anggota Lions Club mengenai alat yang digunakan dalam pemeriksaan mata

Salah satu anggota Lions Club juga memberikan pengarahan tentang sebuah alat yang berbentuk balok yang tercetak huruf dari yang terbesar hingga terkecil. Siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam membaca huruf pada balok tersebut pun diperiksa lebih lanjut agar mendapatkan lensa yang cocok. Setelah proses pemeriksaan selesai, kami diperbolehkan untuk kembali ke kelas.

Siswa-siswi yang mengalami gangguan mata (sesuai lensa yang cocok saat pemeriksaan) akan mendapatkan kacamata gratis dalam waktu kurang lebih 15 hari kerja setelah hari pemeriksaan.

Program ini merupakan salah satu dari tujuan mulia Lions Club bersama Indomaret untuk memberikan uluran tangan kepada banyak orang yang mengalami kesulitan. Terima kasih, Lions Club! Terima kasih, Indomaret! Semoga tujuan mulia organisasi sosial terus berhasil tanpa ada halangan! Teruslah membuat program-program yang dapat membantu dan memajukan bangsa Indonesia, khususnya dalam aspek pendidikan.

Christy Frans Maulana
Tentang Penulis
CHRISTY FRANS MAULANA
Siswa SMP Wiyata Dharma Medan
Kelas 8 Newton T.P. 2016/2017