Sanghadana Masa Kathina 2560 B.E./2016

Pada tanggal 2 November 2016 tepatnya hari Rabu, SMP Wiyata Dharma Medan menyelenggarakan Sanghadana Masa Kathina 2560 B.E./2016 di Aula Perguruan Wiyata Dharma Medan. Kegiatan Sanghadana merupakan salah satu kegiatan yang memberikan pembelajaran positif kepada siswa-siswa akan manfaat yang diperoleh dari berdana demi perkembangan Buddha Dhamma yang indah di awal, di tengah, dan di akhir.

Siswa-siswa duduk dengan tertib menunggu kehadiran Bhante

Kegiatan berlangsung selama satu setengah jam mulai pukul 09.00 hingga 10.30 dengan mengundang lima orang anggota Sangha.

Sebelum memulai kebaktian, siswa-siswa dibariskan secara rapi untuk menyambut anggota Sangha. Siswa-siswa yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9 memperoleh buku panduan kebaktian dari guru bidang studi agama Buddha. Ada pun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembacaan paritta, meditasi, dan mendengarkan pembabaran Dhammadesana.

Siswa-siswa memberikan persembahan dana kepada Bhante

Acara berlangsung dengan tertib. Setelah mendengarkan Dhammadesana, guru bidang studi Agama Buddha memandu acara untuk melakukan Sanghadana. Ada pun dana yang diberikan kepada Bhante berupa jubah, makanan, obat-obatan, dan lainnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemercikan air paritta dan pelimpahan jasa yang dipimpin oleh anggota Sangha yang hadir.

Setelah acara berakhir, kepala sekolah pun mendampingi anggota Sangha untuk meninggalkan aula dan siswa-siswa diarahkan untuk kembali ke dalam kelas.

<Dokumentasi kegiatan oleh OSIS>
Vanessa
Tentang Penulis
VANESSA
Siswa SMP Wiyata Dharma Medan
Kelas 8 Newton T.P. 2016/2017