Sanghadana Menyambut Kathina 2559 B.E./2015

Kathina merupakan salah satu hari besar Agama Buddha. Pada hari tersebut, kita berkesempatan melakukan “Sanghadana” –mendanakan keperluan-keperluan Sangha–, antara lain: makanan, jubah, obat-obatan, dan keperluan sehari-hari. Hari besar Kathina adalah hari besar universal Agama Buddha yang dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, banyak vihara/sekolah yang ikut bersukacita merayakan hari istimewa ini.

SMP Wiyata Dharma Medan, sekolah yang 3 (tiga) tahun berturut-turut mengadakan kegiatan Sanghadana dalam menyambut Hari Kathina mengadakan kegiatan ini tanggal 21 Oktober tahun ini. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 10.30 di Aula Perg. Wiyata Dharma Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Sangha, antara lain: Y.M. Bhikkhu Khemanando, Y.M. Bhikkhu Abhayaviro, Y.M. Bhikkhu Dhirapunno, dan Samanera Giridhammo.

Anggota Sangha dan guru agama Buddha memasuki ruangan

Lima menit sebelum anggota Sangha memasuki ruangan, siswa-siswa diarahkan untuk berkumpul dan berbaris dengan rapi. Saat anggota Sangha tiba, siswa-siswa bersikap anjali dan memberikan hormat. Selanjutnya, rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah pembacaan paritta, mendengarkan pembabaran Dhamma, pemberkahan, serta melakukan Sanghadana.

Anggota Sangha memberikan pemberkahan air paritta

Kegiatan tahunan ini berlangsung khidmat, ditambah lagi dengan penyampaian Dhammadesana dari Bhante-Bhante yang dibumbui dengan candaan. Ada saja candaan mereka yang membuat suasana selalu happy!

Hal terpenting ialah siswa dapat mengambil makna dari kegiatan berdana itu sendiri. Berdana bukanlah merupakan hal merugikan melainkan pemupukan buah karma baik. Semoga SMP Wiyata Dharma Medan dapat meneruskan kegiatan ini untuk tahun-tahun selanjutnya agar dapat memperbaiki kepribadian anak-anak Indonesia. Terima kasih kepada anggota Sangha yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan ini, juga kepada guru dan siswa yang turut berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan ini. Sadhu Sadhu Sadhu!

Jangan berbuat jahat, tambahlah kebajikan.
Sucikan hati dan pikiran.

~Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata~
Semoga semua makhluk turut hidup berbahagia

<Dokumentasi kegiatan oleh OSIS>
Henly Forbesly
Tentang Penulis
HENLY FORBESLY
Siswa SMP Wiyata Dharma Medan
Kelas 9 Anggur T.P. 2015/2016