Studi Wisata Kelas VIII T.P. 2015/2016

Hari libur Nyepi pada umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk beristirahat dan melaksanakan aktivitas di dalam rumah. Hari Rabu, 9 Maret 2016, hari langka yang dicatat dalam sejarah sebagai hari Gerhana Matahari Total (GMT) dimanfaatkan oleh SMP Wiyata Dharma Medan untuk melaksanakan studi wisata kelas VIII.

Siswa-siswa melakukan persiapan sebelum berangkat

Peserta menempuh perjalanan ke Pantai Romantis, bertempat di Desa Sei Nagalawan, Perbaungan selama 2 jam. Sekitar pukul 10, rombongan SMP Wiyata Dharma Medan tiba di lokasi dan dibagi berdasarkan kelompok belajar. Setiap kelompok belajar didampingi oleh seorang guru pendamping.

Tampak senyum dan tawa bahagia siswa-siswa mengikuti setiap kegiatan studi wisata

Setelah melakukan penilaian kebersihan dan kerapian (Pend. Kewarganegaraan), setiap kelompok belajar memasuki daerah pantai dan mencari pondok terdekat. Setiap siswa secara individu mengerjakan kegiatan pembelajaran sebagai berikut:

  • menghitung luas bangun ruang/pondok (Matematika)
  • mengukur massa jenis air laut (Fisika)
  • mengumpulkan dan mengidentifikasi kulit kerang (Biologi)
  • membuat bangunan/karya seni dari pasir (Keterampilan)
  • mencari bendera di sekitar pantai (Penjaskes)
  • mengamati gerakan angin dan pasang surut (Geografi).

Siswa-siswa diberikan waktu dua jam untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Pada pukul 12, siswa-siswa diberikan waktu untuk beristirahat dan menyantap makan siang yang telah disediakan. Siswa-siswa terlihat ceria dan bahagia menikmati cerahnya siang hari di pantai bersama teman-teman dan guru-guru.

Melanjutkan kegiatan pembelajaran, siswa-siswa pun bersemangat kembali untuk:

  • menulis laporan zat aditif makanan (Kimia)
  • menulis sejarah singkat Pantai Romantis (Sejarah)
  • menulis benda-benda ekonomis di sekitar pantai (Ekonomi)
  • mendeskripsikan keadaan pantai (B. Indonesia).

Lalu, siswa-siswa secara berkelompok menampilkan cerita bersambung B. Inggris dan puisi B. Mandarin. Kegiatan pembelajaran ditutup dengan penampilan nyanyian/tarian Seni Budaya.

Foto bersama peserta studi wisata

Siswa-siswa pun mengabadikan momen kebersamaan per kelas dan bersiap-siap untuk pulang. Tepat pukul 3 siang, perjalanan pulang pun dimulai dan rombongan tiba dengan selamat di Yayasan Perguruan Wiyata Dharma pukul 5 sore. Walaupun terlihat letih, senyum bahagia masih melekat di wajah siswa-siswa.

Bagi peserta, liburan ini merupakan liburan yang melelahkan namun membawa kesan berjuta makna. Bersiaplah untuk mengikuti studi wisata tahun depan!

<Dokumentasi kegiatan>