Upacara dalam Rangka Hari Pahlawan

Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia masih terus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih. Kejadian 10 November 1945 di Surabaya merupakan wujud nyata tentara Indonesia dan rakyat sipil dengan semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi memperjuangkan berkibarnya Sang Merah Putih. Banyak rakyat yang gugur di medan perang akibat serangan tentara Inggris. Untuk menghargai jasa mereka, kita memperingati tanggal tersebut sebagai Hari Pahlawan.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan

SMP Wiyata Dharma Medan mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2015 bertepatan dengan hari Selasa. Siswa-siswi dan guru-guru mengikuti upacara tersebut di Aula Perguruan Wiyata Dharma Medan. Upacara dibina oleh Tony Ria, S.Pd., S.Kom., M.Kom. selaku kepala tingkatan SMP Wiyata Dharma Medan. Siswa-siswi dan guru-guru mengikuti upacara dengan khidmat dan rasa syukur dengan sikap sempurna hingga upacara selesai.

“Di zaman sekarang, kita dapat mempertahankan kemerdekaan yang telah diberikan oleh para pahlawan dengan cara memberantas kebodohan. Untuk itu, kita harus belajar dengan rajin dan bangga menjadi bangsa Indonesia,” kata Bapak Tony Ria.

Siswa-siswa dan guru-guru juga disuguhkan sebuah cuplikan film animasi yang berjudul “Battle of Surabaya” sebagai kenangan rakyat Surabaya yang bertempur melawan tentara Inggris. Film ini dibuat oleh anak bangsa Indonesia sebagai cara bangsa Indonesia mengisi kemerdekaan melalui karya industri kreatif perfilman Indonesia.

<Dokumentasi kegiatan>